Senin, 23 April 2012

CARA MENANAM GAHARU (aquilaria.sp)
Gaharu (aquilaria beccariana, malacensis, microcarpa dan sejenisnya) :
1. Bersihkan Lahan untuk keperluan pembuatan Lobang, untuk memudahkan penanganan sebaiknya dilakukan pengajiran/patok dengan dimensi sesuai keinginan (pengalaman 5 x 5 meter).

2. Galilah   tanah lobang Ukuran 50 x 50 x 50 Cm. Pisahkan antara tanah galian atas dan tanah galian bawah biarkan selama ± 15 hari.

3. Siapkan pupuk kandang atau kompos yang akan menggantikan tanah bawah/dimasukkan terlebih dahulu.

4. Kemudian ambil bibit Gaharu yang siap tanam sobek dan buang pembungkus/polybag dan tutup tanah galian seperti biasa. (bibit sebaiknya sudah ditempatkan di lokasi kebun   2 minggu sebelum ditanam dan menanam pada sore hari dimusim hujan).

Disarankan penanaman gaharu berdampingan dengan tanaman lain seperti pisang, karet, kopi, kelapa dan lain-lain. Untuk kebun monokultur/terbuka Buatlah atap pelindung dari daun ilalang/karung plastik hingga tanaman berumur 18 bulan.. Kebutuhan pupuk relatif kecil yakni NPK 10 – 50 gr / 6 bulan. Jika tanaman sudah terjangkit mikoreza maka tidak banyak memerlukan pupuk..

Tips Pemeliharaan Yang Baik:
1.  Lobang Paling bawah waktu menanam diisi pupuk kandang/kompos.
2.    Awal musim hujan dan awal kemarau perlu diberi Pupuk NPK tablet 10-50 gr pohon pada umur tanaman 1,5 tahun.
3.  Akhir musim hujan/awal musim kemarau tanaman perlu di-dangir / dibersihkan rumput sekitarnya untuk mencegah kebakaran.
4.  Jangan semprot rumput di sekitar gaharu sebelum tinggi pohon 1,5 meter
5.  Pada musim kemarau pada saat umur tanaman masih dibawah 1 tahun rumput2nya jangan dikupas habis (cukup tebas atas saja).


cara tanam gaharu

1 komentar:

  1. ijin bertanya kang...
    saya sudah menanam beberapa pohon gaharu tapi di waktu saya pindahkan dari pembibitan ke lokasi tanam tingkat keberhasilan hidup nya hanya skitar 50 - 50
    bagaimana cara mengatasi agar tingkat keberhasilan hidupnya lebih tinggi.?
    mohon di jawab. trimakasi

    BalasHapus